8 Persiapan Wajib Sebelum Kamu Memelihara Kucing

persiapan memelihara kucing

Kucing menjadi salah satu jenis hewan yang sering dipelihara manusia. Selain sangat ramah, perawatan dari kucing ini terbilang cukup mudah, dan yang pasti hewan ini sangat cocok sekali untuk dijadikan teman bermain di rumah.

Nah bagi anda yang ada rencana memelihara kucing, pastinya dibutuhkan persiapan yang matang agar nantinya saat si kucing ini  datang anda tidak kerepotan mencukupi kebutuhannya. Pada kesempatan kali ini, akan dibantu dengan memberikan ulasan tentang persiapan memelihara kucing yang perlu anda ketahui.


1. Barang yang Perlu Dibeli

Persiapan dalam tips memelihara kucing di rumah yang pertama harus anda lakukan adalah membeli sejumlah  barang yang dibutuhkan oleh kucing tersebut nantinya, diantaranya yakni sebagai berikut:

  • Kandang (meskipun nantinya kucing anda tidak terus-menerus berada di dalam kandang, namun property ini sangat diperlukan jika ada kondisi darurat)
  • Tempat makan dan minum
  • Kotak pasir
  • Pasir (dalam hal ini, ada 3 jenis pasir kucing yang memiliki fungsi berbeda-beda, yakni pasir zeolite, bentonit, dan pasir berupa silica gel. Anda juga bisa menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan seperti padatan serbuk kayu yang bisa terurai dengan alam)
  • Sekrup (berguna untuk mengangkat kotoran dari kotak pasir)
  • Tempat menggaruk (scratcher)
  • Makanan


2. Tempat yang Nyaman

Sama halnya dengan manusia, pastikan anda juga menyiapkan tempat yang nyaman bagi si kucing sebelum membawanya pulang. Anda bisa menyediakan ruangan khusus untuk kucing jika nantinya anda berniat memelihara lebih dari 1 kucing.

Anda bisa memilih sudut ruangan sebagai tempat yang nyaman bagi kucing tersebut. Beberapa jenis kucing suka tidur di alas yang tebal, dan beberapa kucing lainnya ada yang suka tidur di lantai, dan ada baiknya anda menyiapkan kasur kucing jika diperlukan.

Ketika anda menggunakan kandang kucing yang bisa digunakan untuk beristirahat, maka disarankan untuk menerapkan tips agar kandang kucing tidak bau berikut. Dikarenakan memang semakin sering kucing bermain di sana, akan cukup berbau juga meski kucing rajin dimandikan sekalipun.


3. Membawa Kucing Pulang

Sebuah hal yang wajar terjadi, dimana kucing bakalan terkejut ketika mereka dibawa ke tempat yang baru. Nah hal pertama yang harus anda lakukan adalah, membiarkan si kucing ini mengenali rumah barunya yang akan di tempati.

Lepaskan kucing anda tersebut dari pet cargo, dan biarkan ia berkeliling di sekitar rumah dengan tetap mengawasinya. Jangan lupa untuk memberikan air minum pada kucing anda, mungkin di awal kedatangannya ia sedikit takut untuk berlari-lari.

Namun seiring waktu berjalan mereka akan terbiasa dengan lingkungan barunya itu. Dan setelah itu anda cukup melakukan tips agar kucing tidak kabur dari rumah seperti berikut, karena itu bisa cukup berbahaya bagi kucing itu sendiri.


4. Jadwal Kunjungan ke Dokter Hewan

Ada baiknya, sebelum anda memelihara kucing ini mengetahui dulu tentang dokter hewan yang ada disekitar anda. Sebagai hewan peliharaan, kucing ini perlu datang ke dokter untuk memeriksakan kesehatannya, minimal enam bulan sekali untuk pemberian vaksin.

Jika kucing yang anda bawa pulang ini belum mendapatkan vaksin, penting untuk segera memberikannya, namun tunggu hingga kucing benar-benar sudah beradaptasi dengan rumah barunya itu. Atau mungkin ketika terpaksa kabur, coba cara membuat kucing pulang ke rumah berikut.


5. Makanan

Persiapan memelihara kucing selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah soal makanannya. Anda perlu tahu pentingnya memberikan nutrisi yang seimbang untuk kucing kesayangan anda nanti, karena hal ini tidak bisa diabaikan begitu saja.

Sejumlah makanan kucing komersial sudah banyak tersedia, namun memiliki makanan kucing yang tepat serta bebas dari zat-zat berbahaya bisa merugikan kesehatan dari kucing anda. Jenis makanan kucing untuk gemuk ini juga bisa jadi referensi.

Namun disamping itu, sebelum memberikan makanan pada kucing, pastikan anda mempelajari dulu bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan makanan tersebut, berbahaya bagi kesehatan kucing apa tidak, karena memang ada beberapa yang tidak bisa diberikan sembarang makanan.


6. Tempat Mencakar

Kucing memang seringkali mengasah kukunya dengan mencakar-cakar pada permukaan yang memiliki tekstur kasar. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk menyiapkan tempat mencakar bagi kucing untuk menghindari kerusakan yang disebabkan kegiatan kucing tersebut.

Jika anda tidak menyiapkannya, maka si kucing ini bisa mencakar pada permukaan sofa, kursi rotan, maupun perabotan kayu lainnya dan tentu ini sangat merugikan anda. Atau mungkin kalau suka menggigit, bisa lakukan cara mengatasi kucing suka menggigit sebagai berikut.


7. Kebersihan Adalah Hal Penting

Bisa dikatakan, jika kucing ini menjadi hewan yang sangat menjaga kebersihannya, namun bukan berarti anda bisa mengabaikan jadwal mandi maupun kegiatan membersihkan dia yang lainnya. Minimal anda mandikan kucing dua minggu sekali, jangan lupa juga untuk membersihkan lingkungan tempat bermainnya.

Mencuci tempat makan dan minum, serta membuang kotorannya agar nanti tidak mengganggu pernafasan, dan menghindarkan kucing dari bakteri. Berikut ada ciri-ciri kucing sehat yang penting untuk anda ketahui.


8. Waktu Luang

Jika anda memutuskan untuk memelihara kucing, maka anda pun juga harus mempersiapkan waktu luang untuk bermain dengannya. Sebagai hewan yang aktif dan energik, kucing ini sangat suka diajak bermain oleh pemiliknya.

Hal ini selain untuk menjaganya dari obesitas, juga untuk mengusir kebosanan karena selalu ada didalam rumah. Anda bisa mengajak kucing bermain, atau mengajaknya jalan-jalan ke taman agar dia merasa bahagia dan menyanyangi pemiliknya.


Cukup sekian ulasan tentang persiapan memelihara kucing yang perlu anda ketahui, semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda nantinya. Ketahui juga terkait cara merawat kucing tanpa kandang berikut.


0 Response to "8 Persiapan Wajib Sebelum Kamu Memelihara Kucing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel