Perhatikan ini Sebelum Kamu Memilih Kucing Peliharaan

Memilih Kucing Peliharaan

Kucing merupakan hewan mamalia favorit banyak kalangan untuk dijadikan peliharaan, dikarenakan kucing memiliki sikap yang ramah dan juga aktif, sehingga terkadang sikap lucunya ini membuat banyak orang gemas dan mencairkan suasana. Namun untuk mengadopsi kucing ini susah-susah gampang.

Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan agar kucing bisa langsung nyaman dengan rumah dan pemilik barunya. Maka dari itu, kali ini akan diberikan ulasan kepada anda tentang beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih kucing peliharaan.

1. Ketahui Jenis Kucing

Hal pertama yang diperhatikan yakni jenis apa yang ingin anda adopsi? Jelas hal ini tentu menjadi pertimbangan pertama kali anda, karena nantinya jenis kucing akan berpengaruh dari segala aspek, mulai dari kandang, cara perawatan, serta biaya perawatan.

Ada beberapa jenis kucing yang familiar banget, dan kebanyakan akan menyita perhatian banyak kalangan, yakni kucing persia dan anggora. Kedua kucing ini dianggap sama saja, padahal ada beberapa perbedaan kucing persia dan anggora yang perlu anda ketahui.


2. Usia Kucing

Perlu anda ketahui, jika anakan kucing ini bakalan menyusu pada ibunya hingga usia mereka 4 minggu. Anak kucing baru boleh diberikan makanan padat (biscuit kucing) jika usia mereka sudah mencapai 8 minggu.

Nah selama 8 minggu ini anakan kucing juga tidak boleh dipisahkan dengan induknya, jika dipisahkan sebelum usia tersebut, maka anak kucing bakalan rewel dan manja. Berikut ini cara memilih makanan kucing yang baik untuk anda terapkan.


3. Siapkan Daftar Belanja Untuk Kucing

Kucing juga termasuk sebagai mahkluk hidup, jika anda memeliharanya maka haruslah memperlakukan kucing tersebut selayaknya mahkluk hidup yang harus anda sayangi dan siap menjadi anggota keluarga di rumah anda.

Nah yang harus anda perhitungkan sebelum memelihara hewan kucing ini adalah daftar belanja untuk memenuhi kebutuhan hidup dari si kucing, mulai dari peralatan makan beserta soal makanannya, tempat tidur kucing, hingga hal-hal kecil seperti mainan dan sebagainya. Kenapa ribet?

Jika kucing yang anda pelihara ini jenis khusus seperti anggora, Persia dan sejenisnya, maka memang dibutuhkan hal tersebut. Sementara jika anda tidak ingin ribet maka pelihara saja kucing kampung, dan berikut cara memelihara kucing kampung agar gemuk.


4. Makanan dan Minuman

Hal yang harus diperhatikan sebelum memelihara kucing ini adalah soal makanan dan minumannya. Sebagai hewan mamalia, kucing ini memang suka mengkonsumsi susu sebagai salah satu sumber nutrisi dalam pertumbuhannya.

Namun perlu anda ketahui jika kucing ini tidak boleh diberikan susu sapi, karena itu akan bisa menyebabkan diare. Dan bisa dikatakan susu ini juga penting, semisal manfaat susu untuk kucing persia ini salah satu contohnya.

Selain minuman, anda juga tidak dianjurkan untuk sembarangan memberi makan si kucing tersebut. Ada baiknya anda bertanya dulu kepada dokter hewan soal makanan dan minuman apa saja yang boleh diberikan kepada kucing tersebut.


5. Tempat Tinggal

Sebagai salah satu anggota baru di dalam keluarga anda, maka sebagai pemilik kucing anda pun juga diharuskan untuk menyiapkan tempat tinggal dari si kucing ini. Kucing membutuhkan tempat tinggal yang nyaman dan bersih.


Bukan sekedar kandang besi saja, agar kucing tidak mudah stress maka anda perlu perhatikan ciri-ciri kandang kucing bagus berikut. Hal ini dikarenakan, kucing rumahan terutama masih anak-anak membutuhkan tempat yang hangat dan nyaman sebagai tempat tidur mereka.


6. Tempat Buang Air

Setelah tempat untuk tidur sudah siap, maka hal lain yang tidak boleh anda lupakan ini adalah tempat untuk si kucing buang air. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kebersihan kandang, serta melatih kucing agar tidak buang air sembarangan yang akan membuat anda merasa terganggu.

Untuk tempat buang air ini cukup simple, dimana anda perlu menyiapkan wadah plastik yang di isi dengan pasir khusus, pasir ini bisa anda dapatkan di pet shop. Dengan adanya wadah untuk buang air ini maka anda pun tidak akan kesulitan membersihkan kotoran dari kucing tersebut nantinya.


7. Siap Mengajaknya Bermain

Kucing ini merupakan hewan yang aktif dan juga senang bermain, maka dari itu sebelum anda memutuskan untuk mengadopsi kucing tersebut, maka alangkah baiknya anda menyiapkan waktu untuk mengajaknya bermain setiap hari.

Hal ini juga dibutuhkan oleh kucing, tujuannya selain membuat dirinya terus aktif bergerak juga agar tidak stress. Untuk permainan yang diberikan pun juga tidak perlu yang ribet atau menguras tenaga, anda bisa mengajak kucing untuk bermain bola kecil.

Atau jika tidak mood, anda bisa mengajaknya jalan-jalan di taman pasti kucing anda akan senang dan tidak gampang stress nantinya. Berikut ini beberapa cara bermain dengan kucing di rumah yang bisa anda terapkan pada peliharaan kesayangan.


Nah itu tadi sedikit ulasan tentang hal yang harus diperhatikan sebelum memilih kucing, semoga apa yang kami sampaikan diatas tadi bermanfaat dan bisa menjadi referensi anda nantinya. Atau mungkin anda tengah di kosan, berikut tips memelihara kucing di kosan agar tidak meresahkan lingkungan.

0 Response to "Perhatikan ini Sebelum Kamu Memilih Kucing Peliharaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel